Upaya Kemendikbud Menuju predikat Sangat Baik dalam pengelolaan Arsip

By administrator 28 Jun 2019, 12:47:21 WIBsetjen kemendikbud
Upaya Kemendikbud Menuju predikat Sangat Baik dalam pengelolaan Arsip

Kemendikbud, Jakarta – Menindaklanjuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pengelolaan arsip agar digitalisasi mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat Peresmian Pusat Arsip Kemendikbud di Ciketing Bekasi pada bulan Februari silam, Biro Umum sebagai pembina kearsipan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Bimbingan Teknis dan Konsultasi Kearsipan Berbasis Elektronik Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumen (SPAD) pada 27-29 Juni 2019 di Hotel Grand Soll Marina Tangerang.


Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemendikbud, Ahmad Mahendra. Kegiatan ini turut mengundang seluruh Unit Utama dan 25 UPT dari beberapa daerah yang belum tersosialisasi di lingkungan Kemendikbud. Dalam sambutannya Bapak Ahmad Mahendra mengungkapkan “Targetnya setelah kegiatan Bimtek ini seluruh satker di lingkungan Kemendikbud sudah memiliki akun SPAD dan mengelola arsipnya melalui SPAD. Hal itu ditujukan agar predikat “BAIK” yang telah disandang Kemendikbud pada pengawasan kearsipan 2018 oleh ANRI menjadi “SANGAT BAIK” di Tahun 2019 ini. Disamping itu, pengelolaan kearsipan di lingkungan Kementerian dan Lembaga Negara saat ini telah dimasukkan pula menjadi salah satu penilaian mandiri pelaksanaan Reformasi Birokrasi, tambah Ahmad Mahendra.”


Pada Bimbingan Teknis kali ini dijelaskan penataan arsip dinamis mulai dari arsip aktif hingga inaktif disertai praktek, agar para peserta memiliki pemahamam secara komprehensif dan dapat langsung diimplementasikan pada unit kerjanya masing-masing.
Sistem Pengelolaan Arsip dan Dokumen merupakan sebuah aplikasi yang dibuat bertujuan untuk mempermudah proses temu balik arsip yang telah tertata di ruang penyimpanan.