Upacara Hardiknas Tahun 2018, Mendikbud : Mari Refleksi Diri Untuk Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

By administrator 02 Mei 2018, 12:15:38 WIBHardiknas
Upacara Hardiknas Tahun 2018, Mendikbud : Mari Refleksi Diri Untuk Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Jakarta, 2 Mei 2018 – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Upacara Bendera di halaman utama Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 2 mei 2018 pukul 07.30 WIB.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI yaitu Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Upacara bendera diikuti perwakilan dari seluruh Unit Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta perwakilan dari beberapa SD, SMP, SMA, dan ekstrakurikuler.

Dalam sambutannya, Mendikbud berpesan agar seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan dapat meneladani Ki Hadjar Dewantara, dan menjadikan momentum peringatan Hardiknas ini untuk merefleksikan mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan dan kebudayaan.“Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus menerus mengalibrasikan praktik pendidikan agar memiliki presisi dan ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pendidikan” kata Mendikbud

Untuk memajukan Kebudayaan, pemerintah telah berusaha cukup maksimal dengan dikeluarkannya UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa pemajuan kebudayaan memerlukan langkah strategis berupa upaya-upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Peringatan Hardiknas tahun ini selain diperingati dengan melaksanakan upacara bendera, juga dimeriahkan dengan berbagai acara/kegiatan. Diantaranya ziarah ke makam tokoh pendidikan, janji publik bersama komunitas peduli pendidikan, pagelaran dendang kencana berupa pertunjukan drama musikal untuk membangkitkan lagu-lagu anak Indonesia, pameran foto. Juga diadakan pagelaran ketoprak sejarah yang menampilkan Mendikbud beserta jajaran pejabat eselon I dan II dengan judul “Berguru pada Ki Hadjar” dan masih banyak lainny. Puncak acara Hardiknas akan dilaksanakan di NTB pada tanggal 6 s.d. 8 Mei 2018 yang menurut rencana akan dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo.