Sosialisasi Kuis Kihajar dan Lomba Coding Edusiber 2019 di Radio Jawa Tengah

By administrator 24 Jun 2019, 08:56:25 WIBsetjen kemendikbud
Sosialisasi Kuis Kihajar dan Lomba Coding Edusiber 2019 di Radio Jawa Tengah

Kemendikbud, Jakarta -- Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) melakukan sosialisasi Kuis Kihajar dan Lomba Coding Edusiber 2019 di Jawa Tengah melalui siaran Interaktif di Radio Trijaya FM Semarang pada Rabu, 19 Juni 2019.

Siaran yang merupakan kolaborasi dengan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP DIKBUD) Provinsi Jawa tengah ini menghadirkan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Pustekom Kemendikbud, Sri Indah Suryaningsih, dan Pengelola Sistem Informasi dan Jaringan Pustekkom Kemendikbud, Maria Triyani Pusponingrum.

Pada diskusi kali ini, Indah menjelaskan tentang mekanisme pendaftaran dan penyelenggaraan  Kuis Kihajar 2019 yang dapat diikuti oleh semua siswa baik dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat serta siswa Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Tujuan dari acara ini untuk memotivasi siswa-siswi memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui siaran TV Edukasi.

“Kuis Kihajar dimulai pada Maret sampai dengan Agustus 2019. Peserta bisa mengikuti Kuis Kihajar melalui SMS (08111136783), atau melalui web/laman dengan mengakses https://tve.kemdikbud.go.id/ lalu pilih menu Kihajar 2019 untuk mendaftar dan menjawab soal-soalnya,” terang Indah terkait detail mekanisme partisipasi Kuis Kihajar 2019.

Indah juga menambahkan bahwa setiap bulan akan dipilih lima (5) pemenang terbaik  di setiap jenjang (SD,SMP,SMA/SMK sederajat), yang selanjutnya akan berhak mengikuti tahap provinsi pada September 2019. Selain itu, total hadiah 300 juta rupiah bagi pemenang nasional dialokasikan untuk kegiatan ini.

Sementara itu untuk Lomba Coding Edusiber, Maria Triyani menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan salah satu kompetisi yang diadakan untuk memeriahkan rangkaian Anugerah Kihajar 2019. Lomba ini bertujuan untuk mencari bakat-bakat baru dalam bidang kreasi web dan mobile apps. 

“Lomba Coding Edusiber ini diperuntukkan bagi siswa dan guru SMA/SMK. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut silahkan akses https://edusibercoding.kemdikbud.go.id/“, ujar Maria.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para siswa yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah khususnya Semarang dapat turut berkompetisi dalam Kuis Kihajar dan Lomba Coding Edusiber 2019. (Indah Sekarloka/Hendri Puspa Martasari)