Pusbang Film kembali distribusikan bantuan di Bidang Perfilman

By administrator 08 Nov 2018, 07:49:54 WIBsetjen kemendikbud
Pusbang Film kembali distribusikan bantuan di Bidang Perfilman

Jakarta - (Jumat, 2/11) kegiatan Bimtek dan Penandatanganan Naskah Kerja Sama Banpem Pengembangan Perfilman, resmi ditutup setelah dilaksanakan sejak Rabu lalu. Kepala #Pusbangfilm, Maman Wijaya dalam laporannya menyampaikan bahwa berbeda dengan tahun lalu, di tahun ini terdapat 13 komunitas yang juga menerima bantuan berupa peralatan pemutar film. 

Testimoni salah satu penerima banpem dari Kabupaten Merauke menegaskan bahwa bantuan pemerintah merupakan suatu terobosan karena selain menunjang proses layanan pendidikan di daerah terutama dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan besar serta sosialisasi kebijakan di daerah, bioling cukup efektif untuk memobilisasi massa serta dapat menjadi media aktualisasi diri bagi anak muda di daerah. Tidak dapat dipungkiri, antuasiasme anak-anak muda di daerah di bidang produksi film mulai bergeliat tapi media dan wadah untuk unjuk bakat dan prestasi masih kurang sehingga bantuan ini sangat mereka butuhkan.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menginginkan peserta bimtek agar dapat menularkan ilmunya ke rekan-rekannya di daerah, sehingga yang menguasai peralatan tidak hanya satu orang saja untuk mencegah mangkraknya peralatan yang seringkali terjadi karena kurangnya personel yang menguasai peralatan. "Pusbangfilm juga perlu menyiapkan modul yang praktis dan mudah dimengerti bagi operator di daerah" tegasnya.

Salah satu target bantuan adalah untuk mengkampanyekan film Indonesia selain untuk memperluas akses masyarakat untuk menonton film Indonesia yang berkualitas. 
Selain Pusbangfilm, juga ada unit kerja lain terkait perfilman di bawah Kemdikbud yakni Lembaga Sensor Film yang giat menyosialisasikan sensor mandiri yang bertujuan untuk mengajak masyarakat menjadi cerdas dalam memilih film yang tidak hanya dijadikan tontonan tapi juga tuntunan. Tahun ini, LSF termasuk salah satu unit kerja penerima bantuan berupa mobil bioskop keliling yang nantinya akan digunakan untuk sosialisasi sensor mandiri.  Sebelum menutup kegiatan, Sesjen Kemendikbud menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan peserta yakni LSF selaku penerima mobil bioskop keliling, Komunitas Cinta Film Indonesia  selaku penerima perlengkapan pemutar film, dan SMKN 3 Batu, Malang selaku penerima peralatan produksi film. (MY)

 

sumber : https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/news/read/14-pusbangfilm-kembali-mendistribusikan-bantuan-pemerintah-di-bidang-perfilman