Pengembangan Open Educational Resources (OER) Hub Rumah Belajar Indonesia oleh Pustekkom dan Seamolec

By administrator 11 Jun 2019, 15:07:56 WIBsetjen kemendikbud
Pengembangan Open Educational Resources (OER) Hub Rumah Belajar Indonesia oleh Pustekkom dan Seamolec

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) bersama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (Seameo Seamolec) mengadakan workshop penyusunan rancangan Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh Billingual pada 15 s.d 17 Mei 2019 di Hotel Kristal, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan unit kerja pusat di Kemendikbud ini membahas pengembangan portal untuk menghimpun materi pembelajaran dengan format Open Educational Resources (OER) dengan nama OER-hub Rumah Belajar Indonesia, diharapkan portal ini akan menjadi rujukan konten digital berbasis OER di Indonesia.

Menurut UNESCO, OER adalah materi pembelajaran, mengajar, dan riset dalam bentuk media dan format yang diterbitkan dengan lisensi terbuka dengan tetap menghormati hak cipta yang terkandung, namun masyarakat dapat mengakses, menggunakan ulang, mengadaptasi ulang, dan mendistribusikan materi tersebut.

Umumnya konten OER di indonesia dikembangkan secara mandiri oleh individu atau organisasi sehingga pertumbuhan konten OER berjalan lambat. Untuk itu Rumah Belajar mengembangkan purwarupa aplikasi yang akan menjadi wadah para pengembang untuk berbagi konten digital bersifat OER.

Nantinya dengan aplikasi ini diharapkan instansi pemerintah maupun lembaga masyarakat, guru, siswa, institusi pendidikan, institusi kebudayaan, sektor publik dan swasta, pembuat konten, dan masyarakat umum dapat berpartisipasi dan berkolaborasi membangun OER-Hub Rumah Belajar Indonesia.

Purwarupa platform tersebut dapat diakses di alamat: http://rumahbelajar.id (Irfana Steviano)