Pengawasan Penyelenggaraan Kearsipan

By administrator 16 Apr 2019, 14:55:14 WIBsetjen kemendikbud
Pengawasan Penyelenggaraan Kearsipan

Kemendikbud, Jakarta – Biro Umum sebagai pembina kearsipan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Rapat Koordinasi Kearsipan Kemendikbud di Graha Utama Kemendikbud Gedung A Lantai 3 pada Selasa 16 April 2019. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan diri dalam menghadapi Pengawasan Internal serta Eksternal yang akan dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemendikbud, serta Arsip Nasional Republik Indonesia.

Kegiatan Pengawasan Penyelenggaraan Kearsipan dibuka oleh Bapak Didik Suhardi selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbud, dalam sambutannya Bapak Didik menyampaikan bahwa hasil pengawasan penyelenggaraan kearsipan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 13,44. Tahun 2016 68,46 dengan kategori “Cukup” maka ditahun 2018 nilai mengalami peningkatan menjadi 81,90 dengan kategori “Baik”. Diharapkan untuk penilaian di tahun 2019 yang akan datang, dapat kategori “Sangat Baik”.

Kegiatan ini diikuti oleh 54 orang perwakilan dari masing-masing Unit Utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta turut mengundang narasumber dari Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK) Arsip Nasional RI, Asisten Deputi Asesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenpan-RB, serta Direktur Kearsipan Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Sebagai bukti pelaksanaan akuntabilitas kinerja bidang pendidikan dan kebudayaan perlu adanya bukti dalam bentuk dokumen atau arsip. Berpijak pada permasalahan yang sering terjadi pada pengelolaan arsip di Kementerian/Lembaga, hilangnya alat bukti kinerja organisasi dikarenakan kurangnya perhatian dan pemahaman terhadap pengelolaan arsip. Maka untuk mendudkung penyelenggaraan kearsipan dibutuhkan Sumber Daya Manusia, sarana dan prasaran dan anggaran serta didukung oleh komitmen pimpinan dan konsistensi pelaksana, serta pengelolaan arsip sesuai dengan standar, pedoman, dan kaidah kearsipan.

“Sekali lagi saya menganggap bahwa kearsipan ini sangat penting bagi kita semua. Dengan harapan melalui kegiatan Rapat Koordinasi Kearsipan ini akan menjadi motivasi dalam pengelolaan arsip khususnya di lingkungan Unit Kerja saudara, dan Kemendikbud umumnya”. Tambah Bapak Didik.