Pembukaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan

By administrator 26 Apr 2019, 17:25:39 WIBsetjen kemendikbud
Pembukaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pembukaan di selenggarakan di Plaza Insan Berprestasi Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Jumat 26 April 2019, dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta pejabat eselon I, II, III, dan IV dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rangkaian kegiatan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan meliputi, donasi buku, pameran buku murah, festival karir, ngobrol public yg di prakarsai Najwa Shihab dan Tim Pesta Pendidikan, pentas seni, pameran pendidikan dari Direktorat Sejarah, dan pameran foto pendidikan. Dalam kegiatan ini juga ada panggung public, yang mengangkat isu-isu strategis  diharapkan dapat menjadi masukan dalam penyusunan renstra tahun 2020-2024. Selain itu, adapula kegiatan mural yaitu melukis sketsa yang dilakukan di lingkungan kantor Kemendikbud, juga ada lomba memasak serta lomba olahraga, senam, dan lomba kebersihan antar unit utama di lingkungan kemendikbud. Setelah pembukaan ini, akan dilanjut dengan acara “Harmoni Bersama Masyarakat” yang dilaksanakan pada minggu 28 april 2019.

Pada pembukaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan, dalam laporannya Sekretaris Jenderal menyampaikan bahwa pada puncak Hardiknas pada tanggal 2 Mei nanti akan diadakan upacara yang di dahului dengan parade peserta upacara dengan mengenakan pakaian adat.  Kemudian akan dilakukan ngobrol publik bersama Tim Pesta Pendidikan dan ditutup dengan pertunjukkan wayang orang dari Dirjen Kebudayaan. “Acara perayaan Hari Pendidikan Nasional ini bukan hanya sekedar perayaan, tetapi sebagai unjuk kinerja dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan mari kita tunjukkan bahwa setiap tahun perayaan Hardiknas selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan”, sambungnya.

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa. “ Saya senang sekali, pada tahun ini kegiatan perayaan Hari Pendidikan Nasional berjalan secara meriah semarak di semua daerah. Saya berharap kegiatan seperti ini akan menjadi tradisi di lingkungan Kemendikbud, dalam rangka merangsang, memotivasi, mendorong daerah-daerah untuk terus bergairah dan menggelorakan semangat untuk memajukan pendidkkan dan kebudayaan secara terus menerus untuk kemajuan Indonesia yang akan datang ”.