Pelatihan Gizi Bagi Guru TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Sambas

By administrator 01 Nov 2018, 13:02:12 WIBsetjen kemendikbud
Pelatihan Gizi Bagi Guru TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Sambas

Penyampaian pesan gizi kepada peserta didik secara aktif di institusi pendidikan diakui sebagai salah satu langkah efektif dalam menunjang peningkatan hasil pembelajaran para peserta didik. 

Pada dasarnya, orang tua mempunyai tanggung jawab dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak melalui pola makan gizi sembang dan pola asuh yang baik. Namun, hal tersebut perlu perlu dipahami oleh para guru di lingkungan sekolah agar bermanfaat lebih optimal, mengingat sebagian besar waktu anak usia sekolah berada di sekolah. Selain itu, guru dapat menjadi contoh terbaik bagi para peserta didik dalam pengembangan perilaku dan karakter positif siswa, khususnya dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diharapkan melalui cara-cara kreatif, guru dapat menyisipkan pesan untuk mengajak anak-anak mempraktekkan hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat dan aman dengan gizi seimbang.

SEAMEO RECFON sebagai pusat kajian pangan dan gizi mempunyai 2 program utama, salah satunya Program Gizi Untuk Prestasi (Nutrition Goes to School), yang terdiri dari kegiatan Edukasi Gizi oleh Guru, Kebun Sekolah, Kantin Sehat, Advokasi Kebijakan Sekolah dan Penguatan Sistem Informasi Kesehatan di Sekolah. Sebagai bentuk inisiasi program Gizi untuk Prestasi di Kabupates Sambas, SEAMEO RECFON bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sambas dan Politeknik Kesehatan Pontianak melaksanakan kegiatan Pelatihan Gizi bagi Guru/Pendidik PAUD, SD, SMP dan SMA di Kabupaten Sambas pada tanggal 22-27 Oktober 2018. Sebanyak 270 peserta yang berasal dari 90 sekolah hadir dalam kegiatan ini.

Para Guru dilatih mengenai dasar-dasar Gizi Seimbang sebagai pengganti pedoman sebelumnya yaitu 4 Sehat 5 Sempurna, agar mereka mengetahui prinsip-prinsip pemenuhan kebutuhan gizi dan kesehatan anak usia sekolah. Materi tentang kebun sekolah, pengembangan kantin sehat, pengukuran dan penilaian status gizi anak usia sekolah, advokasi kebijakan sekolah dan sistem informasi juga dilatihkan para guru/ pendidik. Sesi motivasi pendidik juga diberikan sebagai penyemangat para pendidik untuk terus mengabdi dan bekontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia unggul di Indonesia. Beberapa materi juga diisi oleh para ahli Pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas dan pewakilan dari Pembina Sekolah Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut sejalan dengan Program Prioritas Nasional dalam upaya penurunan kasus stunting di Indonesia dan pengembangan daerah 3T (Tertinggal, Tertinggal dan Terluar). SEAMEO RECFON mempunyai pendekatan pencegahan lebih dini dengan mentargetkan anak usia sekolah agar kelak ketika mereka menjadi orang tua, dapat membangun generasi yang lebih baik dan sehat. “Pelatihan ini menjadi bagian dari upaya investasi jangka panjang untuk peningkatan kualitas peserta didik di Kabupaten Sambas” demikian disampaikan oleh Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, LC pada sambutannya.

 

sumber : https://seameo.kemdikbud.go.id/berita/67-pelatihan-gizi-bagi-guru-guru-tk-paud-sd-smp-sma-smk-di-kabupaten-sambas.html