Meriahkan Hardiknas, Pameran Lukisan Karya Guru Se-Jabodetabek Gratis untuk Umum

By administrator 08 Mei 2017, 15:19:17 WIBHardiknas
Meriahkan Hardiknas, Pameran Lukisan Karya Guru Se-Jabodetabek Gratis untuk Umum

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan menyelenggarakan Pameran Lukisan di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Pameran dibuka untuk umum dan gratis pada tanggal 4 sd 30 Mei 2017.

Sebanyak 35 lukisan terpilih karya guru se-Jabodetabek di pamerkan bersama lukisan karya Sang Maestro, Basoeki Abdulah. Penyeleksian karya dari para guru tersebut dilakukan oleh dua kurator ternama, yaitu Weye Haryanto dan Puguh Tjahjono S Warudju.

Menurut Kepala Museum Basoeki Abdullah Joko Marsono, saat ini museum tidak lagi hanya sebagai tempat rekreasi untuk menikmati masa lalu, namun juga sebagai tempat edukasi dan pusat kajian. Karena itu, sudah saatnya masyarakat Indonesia kini menyadari peran museum sebagai suatu investasi jangka panjang pembentukan karakter bangsa.

“Museum kini berorientasi kepada pendidikan dan pembangunan karakter masyarakat, terutama peserta didik. Hal ini sudah dilakukan oleh Museum Basoeki Abdullah sesuai dengan kepribadian pak Basoeki Abdullah yang juga merupakan seorang pendidik. Dengan semangat Pak Basoeki Abdullah sebagai pendidik akan menginspirasi para seniman untuk tidak sekedar berkarya namun juga mendidik melalui karyanya,” ujarnya.

Pameran ini merupakan bagian dari Pesta Pendidikan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017. Rasa dan karsa adalah dua hal yang ditekankan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam sistem pendidikan. Karena melalui kesenian, semangat kebangsaan dan kesadaran sebagai bangsa Indonesia yang mandiri akan terimplementasi dengan baik.

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/05/meriahkan-hardiknas-pameran-lukisan-karya-guru-sejabodetabek-gratis-untuk-umum