Mendikbud Pimpin Upacara HUT Republik Indonesia ke-74 di lingkungan Kemendikbud

By administrator 17 Agu 2019, 11:06:56 WIBKemendikbud
Mendikbud Pimpin Upacara HUT Republik Indonesia ke-74 di lingkungan Kemendikbud

Jakarta, Kemendikbud – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 di Kantor Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat (17/8). Upacara diikuti oleh perwakilan siswa SD, SMP, SMA, guru, dan Pegawai dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutannya, Mendikbud berpesan agar seluruh pihak bersyukur sebagai pengingat bahwa kemerdekaan adalah sebuah capaian yang tak ternilai harganya atas perjuangan panjang dalam melawan penjajahan dan penindasan.

“Membangun manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju. Kita siapkan manusia Indoensia menjadi manusia unggul sejak dalam kandungan sampai tumbuh mandiri”. Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia harus dimulai melalui penyediaan akses pendidikan yang merata, berkeadilan, berkualitas, inklusif dan berkesetaraan. Sambung Mendikbud Muhadjir Effendy.

Mendikbud kembali mengingatkan agar pembangunan karakter bangsa ini dapat terwujud, dibutuhkan kolaborasi dan keterlibatan aktif tripusat pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam ekosistem pendidikan.

“Reformasi pendidikan, untuk pembangunan sumber daya manusia Indonesia, juga berfokus pada pembangunan karakter bangsa. Pmebangunan karakter bangsa dilakukan dengan menguatkan pendidikan yang berfondasikan pada nilai – nilai Pancasila dan budi pekerti di seluruh ekosisitem pendidikan. Nilai-nilai Pancasila harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pembangunan karakter bangsa juga ditempuh melalui pemajuan kebudayaan. Karena bangsa yang berkarakter adalah bangsa yang menghargai budayanya. Pemajuan kebudayaan, penguatan ketahanan budaya dan perlindungan hak kebudayaan menjadi bagian yang sangat penting,” Tambah Mendikbud.

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 mengambil tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Upacara Bendera yang dilakukan serentak di seluruh satuan Pendidikan di Indonesia tidak hanya dihadiri oleh siswa dan guru, namun juga diharapkan dapat diikuti oleh orang tua dan masyarakat. Mari jadikan hari ini sebagai tonggak bahwa kita akan tanpa lelah terus bekerja bersama, berikhtiar, dan perjuangan untuk memajukan bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang Unggul di berbagai bidang.