Mendikbud : Selamat Hari Pendidikan Nasional

By administrator 02 Mei 2019, 12:19:02 WIBsetjen kemendikbud
Mendikbud : Selamat Hari Pendidikan Nasional

Kemendikbud, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman utama komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis, 2 Mei 2019.

Upacara bendera dihadiri oleh seluruh pejabat dan staff di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta diikuti oleh perwakilan siswa SD, SMP, SMA dan ektrakurikuler seperti pramuka, PMR, dan PKS. Upacara ini diawali dengan parade baju adat dan kesenian, lalu pembagian Penghargaan Satya Lencana Karya Satya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Serta penyerahan Arsip Statis Bidang Pendidikan dan Kebudayaan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris utama Arsip Nasional Republik Indonesia.

Dalam Pidatonya, Mendikbud menyampaikan, “Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 dengan tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptkan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitik beratkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang kompetitif.”

Mendikbud juga memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tinggi nya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat Literasi, para tokoh Agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional.