Mendikbud : Saatnya Menggerakkan Kapal Bernama Indonesia

By administrator 25 Nov 2019, 12:40:14 WIBKemendikbud
Mendikbud : Saatnya Menggerakkan Kapal Bernama Indonesia

Jakarta, Kemendikbud – Senin, 25 November 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 di Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema “Guru Penggerak Indonesia Maju”. Upacara diiikuti oleh Guru dan Kepala Sekolah, Siswa SD, SMP, SMA, serta pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada upacara peringatan Hari Guru Nasional dihadiri oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim  selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada pidatonya Mendikbud menyampaikan bahwa “menjadi guru merupakan tugas yang termulia sekaligus yang tersulit, karena Bapak/Ibu guru ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.”

“Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Bapak/Ibu sekalian. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidanyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas, semua berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama. Esok hari dimanapun Bapak/Ibu berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda. “Sambung Mendikbud.

Pada pidatonya Mendikbud juga menyebutkan point-point perubahan kecil di kelas yang dapat dilakukan oleh Bapak/Ibu guru, seperti :

  • Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
  • Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar dikelas.
  • Cetuskan proyek bakti social yang melibatkan seluruh kelas.
  • Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
  • Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak. Selamat Hari Guru Nasional.