Kunjungan Tim Monev Hasil Reformasi Birokrasi dan Pembangunan ZI-WBK

By administrator 12 Agu 2019, 13:37:55 WIBProgram Unggulan
Kunjungan Tim Monev Hasil Reformasi Birokrasi dan Pembangunan ZI-WBK

Jakarta, Kemendikbud -- Senin, 6 Agustus 2019 Tim Monev Hasil Reformasi Birokrasi dan Pembangunan ZI-WBK mengunjungi Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada kunjungannya Tim Monev Hasil RB dan Pembangunan ZI-WBK disambut langsung oleh Kepala Pusdiklat Pegawai, Dra. Garti Sri Utami, M.Ed. Tim yang hadir meliputi perwakilan dari Inspektorat Jenderal, Biro Umum, Biro Keuangan, dan Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bertempat diruang sidang satu Gedung Pancasila, Monev Hasil RB dan Pembangunan ZI-WBK diawali oleh sambutan dan paparan yang disampaikan Kapusdiklat Pegawai. Paparannya berisi mengenai pengenalan visi dan misi, target dan capaian serta SDM di Pusdiklat Pegawai. Beliau juga memaparkan mengenai Road Map Reformasi Birokrasi, dan lima langkah utama membangun ZI-WBK. Kemudian paparan dilanjutkan oleh Kwarta Adimphrana, S.I.Kom. selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan Tata Laksana dan Kepegawaian, sekaligus sekretaris panita ZI-WBK Pusdiklat Pegawai. Beliau menjelaskan enam komponen pengungkit, Inovasi untuk reformasi layanan, dan Unit Layanan Terpadu. Garti Sri Utami menegaskan kepada Tim mengenai Road Map Reformasi Birokrasi yang didalamnya merupakan cita-cita Pusdiklat ke depannya. Berawal dari menjelaskan capaian yang sudah dilakukan di tahun 2018 yang diantaranya adalah Membangun Program Pelatihan berbasis TIK (e-Learning, Evaluasi Daring), Mengembangkan platform Tata Kelola Pelatihan (SIMDIKLAT), Modernisasi Sarana Prasarana Pelatihan, Mengembangkan kapasitas SDM, Meningkatkan mutu  penyelenggaraan pelatihan, dan Mengembangkan layanan pelatihan berbasis kompetensi ASN.

Kemudian di tahun 2019 Pusdiklat menargetkan pengembangan inovasi Layanan dan sistem Pelatihan Berbasis TIK; Mengembangan kapasitas SDM, sarana prasarana inklusif dan ramah lingkungan, dan tata kelola pelatihan; Membangun ULT; Melaksanakan inisiasi tata kelola pemanfaatan aset/BMN; Mengusulkan menjadi Satker WBK; dan Meraih predikat WBK.

Untuk kedepannya Pusdiklat Pegawai berharap di tahun 2020 dapat mempertahankan predikat WBK, meningkatkan  budaya kerja SDM berbasis tata nilai Kemendikbud, mengembangkan kapasitas sarana akomodasi dan ruang pertemuan, menerapkan layanan pelatihan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan (go green, vertical/horizontal garden, hemat energi, less paper), menerapkan tata kelola pemanfaatan aset/BMN yang akuntabel, mengembangkan inovasi layanan publik, meraih akreditasi A lembaga PKN Tingkat II. Berlanjut di tahun 2021 Pusdiklat Pegawai berharap dapat mengusulkan WBBM, mengembangkan inovasi Layanan Publik, mengusulkan dan meraih predikat WBBM. Hingga di tahun 2022 Pusdiklat Pegawai membuat capaian dalam mempertahankan predikat WBBM, mengusulkan  Layanan Publik Terbaik, meraih predikat Layanan Publik Terbaik.

Pada Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2019 diantaranya sudah ada yang terealisasikan, salah satunya adalah pembangunan ULT. Usai mendengarkan paparan dan memberi tanggapan, Tim Monev Hasil RB dan Pembangunan ZI-WBK diarahkan oleh Kapusdiklat untuk melihat langsung ruang ULT yang sudah tersedia. Sebelum menuju ruang ULT, Tim Monev Hasil RB dan Pembangunan ZI-WBK disambut oleh perwakilan Pegawai Pusdiklat yang dengan semangat menampilkan yel-yel ZI-WBK. (pusdiklat.kemdikbud.go.id)