Kerja Sama Kemendikbud dan Dharma Pertiwi TNI Tingkatkan Kapasitas TIK Bagi Guru dan Kepala Sekolah

By administrator 10 Jul 2019, 08:47:15 WIBsetjen kemendikbud
Kerja Sama Kemendikbud dan Dharma Pertiwi TNI Tingkatkan Kapasitas TIK Bagi Guru dan Kepala Sekolah

Sentul, Kemendikbud – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) merealisasikan inisiasi kerjasama dengan Dharma Pertiwi (Persatuan Istri Prajurit Tentara Nasional Indonesia) dengan melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Bagi Kepala Sekolah dan Guru Yayasan di lingkungan Dharma Pertiwi pada Senin s.d Kamis, 24 s.d 27 Juni 2019 di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Jawa Barat. Sejumlah 340 kepala sekolah dan guru dari SD hingga SMA sederajat binaan yayasan di lingkungan Dharma Pertiwi di seluruh Indonesia beserta staf menjadi peserta kegiatan ini.

Acara ini dibuka oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, didampingi oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto, dan Sekretaris Jenderal, Didik Suhardi yang secara bersama-sama membuka kegiatan ini pada Senin (24/06/2019) secara simbolis dengan menekan tombol pada layar.

“Kalau dulu semboyannya adalah ketika pintu kelas ditutup, guru adalah raja maka nanti rajanya disamping guru ada TIK,” terang Didik terkait peran guru pada era digital berkembang menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan kompetensi TIK guru di bawah naungan yayasan Dharma Pertiwi ini, sejumlah materi telah disiapkan, di antaranya pemanfaatan portal belajar Kemendikbud, Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id) yang memiliki fitur-fitur seperti Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Kelas Maya dan Lab Maya, TV Edukasi (http://tve.kemdikbud.go.id) yang berisikan program instruksional dan non-instruksional berbasis video, dan Suara Edukasi (http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id) yang menyajikan pembelajaran berbasis audio. Selain itu peserta juga akan diberikan pembekalan pembuatan konten video pembelajaran sederhana.

“Dengan adanya pelatihan TIK ini diharapkan dapat membantu guru-guru menguasai dan berinovasi untuk terus memperdalam pengetahuan TIKnya, untuk kemudian dapat memberikan pembelajaran yang lebih jelas, menarik dan dimengerti oleh para anak didik.” ujar Nanny pada sambutannya.

Kemendikbud mendukung penuh pelatihan ini, karena sejalan dengan misi pemerintah untuk mengoptimalkan pendayagunaan TIK agar para peserta didik mendapatkan informasi pendidikan yang lebih luas dan variatif dari berbagai bentuk media. Hal ini juga didukung dengan Surat Edaran Nomor 9 dan 10 Tahun 2018 yang ditujukan kepada setiap kepala daerah untuk memanfaatkan secara luar portal belajar daring yang telah disediakan oleh Kemendikbud.

Penulis: Hendri Puspa Martasari