Kemendikbudristek Lepas 123 Awardees IISMA ke Lima Negara

By administrator Pada : 29 Sep 2022, 07:50:52 WIB, - Kategori : Informasi PublikKemendikbudristek Lepas 123 Awardees IISMA ke Lima Negara

Jakarta, Kemendikbudristek - Sejumlah 123 mahasiswa penerima beasiswa (awardeeIndonesian International Student Mobility Awards (IISMA) mengikuti acara pelepasan pada Jumat (23/9). Para awardee tersebut akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di luar negeri, yakni di University College London (Inggris) sebanyak 10 orang, University of Padua (Italia) total 35 orang, Middle East Technical University (Turki) ada 14 orang, University of York (Inggris) 15 orang, Universidad De Granada (Spanyol) sejumlah 25 orang, dan Humboldt University of Berlin (Jerman) sebanyak 24 orang.
 
Mewakili Perguruan Tinggi Dalam Negeri asal awardee, Wiryono Raharjo selaku Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan Universitas Islam Indonesia, menyampaikan bahwa selama mengikuti program IISMA, para awardee tidak hanya mewakili diri sendiri dan lembaganya, namun juga menjadi duta bangsa. Ia berpesan agar para awardee memahami posisi tersebut serta mampu belajar dengan baik di universitas tuan rumah (host university) tidak hanya secara akademik namun juga lintas budaya (cross cultural).
 
Sementara itu, perwakilan dari Kantor Urusan Internasional President University, Agus Sofian Eka Hidayat, berpesan agar para awardee di tiap host university bisa saling mengingatkan dan mendukung sehingga selama menjalani program hingga kembali ke ke Indonesia tidak ada hambatan. “Jadikan IISMA sebagai pengalaman yang penting bagi kalian karena kesempatan ini tidak diperoleh banyak mahasiswa. Jadi kalian adalah orang-orang terpilih,” tambahnya.
 
Dalam acara pelepasan yang dilaksanakan secara daring ini, hadir pula perwakilan dari orang tua awardees. Taufik Jamaan, orang tua dari salah satu awardees yang akan berangkat ke University College London, menegaskan pentingnya global networking dan para awardee ini harus memanfaatkan kesempatan yang diperoleh untuk menjalin relasi dengan teman-teman baru di negara tujuan. Ia juga menyampaikan pentingnya menjaga komunikasi dengan Tim IISMA dan keluarga di Indonesia.
 
IISMA merupakan salah satu dari  tujuh program Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Untuk sampai di titik ini, para mahasiswa harus melalui proses seleksi yang ketat, demikian diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek, Sri Gunani Partiwi.
 
“Sebagai mahasiswa pilihan, mahasiswa terbaik Indonesia yang dikirim untuk belajar ke luar negeri, kami menaruh harapan yang besar pada adik-adik. Janganlah ini dijadikan sebagai beban, namun sebagai motivasi. Ambillah ilmu sebanyak-banyaknya, baik akademik maupun nonakademik untuk dibawa kembali ke Indonesia dan dibagikan kepada mahasiswa lain, perguruan tinggi, maupun masyarakat sehingga ke depannya bisa memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia,” pesannya.
 
Selanjutnya, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, mengucapkan selamat kepada para awardee dan menyampaikan bahwa saat ini mereka telah menjadi bagian dari keluarga besar IISMA. "Kami percaya dengan intelektual yang anda miliki, ada akan belajar banyak hal, baik budaya, jejaring, serta hal-hal baik yang ada di kampus maupun negara tujuan dan dapat meneruskan nilai-nilai dan praktik-praktik baik tersebut di Indonesia. Kami percaya di masa depan andalah yang akan menentukan kemajuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.
 
Menutup acara pelepasan, Wakil Ketua Program IISMA, Andi Rahardiyan Wijaya, berpesan agar para awardee mematuhi segala aturan administratif maupun keuangan. “Selain itu, pada saat berada di luar negeri, awardee tetap terikat pada norma-norma di Indonesia, sehingga jika ada pelanggaran, kami tidak akan segan untuk menindak tegas,” pungkasnya. (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
 
Sumber berita https://www.kemdikbud.go.id