Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Mekanisme Penginputan Data SPT Tahunan Pada Aplikasi SISMINRA
Berita Populer
- Surat Edaran Sesjen Penggunaan Logo Merdeka Belajar
- SE Sesjen tentang Penggunaan Logo Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 di Kemendikbudristek
- Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022
- Unit Layanan Terpadu di Kemdikbud
- Sosialisasi perubahan nama E-Office menjadi SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik)
Berita Terkait
- Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Belajar melalui Penyediaan Sumber Informasi Berkualitas0
- Perencanaan Berbasis Data untuk Perbaikan Kualitas Pendidikan0
- Kemendikbudristek Raih Penghargaan Sebagai Kontributor Tribune Network Pada Mata Lokal Award Perdana0
- Pendaftaran Program IISMA Tahun 2023 Segera Dibuka Bulan Februari 0
- Banyak Capaian Positif, Komisi X DPR RI Apresiasi Kinerja Kemendikbudristek Tahun 20220
Kemendikbudristek, Jakarta – Kamis - Sabtu, 26 s.d 28 Januari 2023, di Hotel Mercure Tangerang Center, Tangerang, Banten, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Aplikasi SISMINRA dan Mekanisme Penginputan Data SPT Tahunan Pada Aplikasi SISMINRA. Kegiatan ini diikuti oleh Pengelola Belanja Pegawai dari Satker Pusat dilingkungan Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Acara dibuka Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa yang dalam kesempatan ini diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Bapak Manifes Zubayr. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Aplikasi SISMINRA atau Sistem Administrasi bendahara ini telah ada sejak tahun 2016 dan terus dilakukan proses penyempurnaan. “Dengan adanya Aplikasi SISMINRA ini telah merekapitulasi belanja pegawai, baik gaji, tunjangan kinerja, honor, dan sebagainya selama setahun, oleh karenanya perlu praktik langsung bagi peserta untuk memahami bagaimana mekanisme pengisian datanya di aplikasi”, pungkas beliau.
Aplikasi SISMINRA dikembangkan dalam rangka untuk mempermudah pengelola keuangan dalam penginputan pajak, baik bulanan maupun tahunan. Bagi Pengelola Tunjangan Kinerja akan mempermudah penghiitungan pajak progresif saat pengajuan tunjangan kinerja. Aplikasi juga menyediakan fasilitas untuk membuat bukti potong A2 dan bukti potong final pegawai di satuan kerja masing-masing. Aplikasi dikembangkan dengan mengacu ke beberapa regulasi yang berlaku, seperti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 12/PMK.03/2017 tentang Bukti Pemotongan dan/atau Pemungutan Pajak Penghasilan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 248), dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 262/PMK.03/2010 tentang Tata Cara Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 bagi Pejabat Negara, PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, dan Pensiunannya atas Penghasilan yang Menjadi Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 601).
Acara berlangsung selama tiga hari, para peserta mengikuti kegiatan secara daring maupun luring. Terdapat sesi penjelasan seputar pelaporan SPT melalui https://djponline.pajak.go.id oleh Narasumber Bapak Mulyana Rustiawan, S.E. selaku Account Representative (AR) dari Kementerian Keuangan. Disampaikan juga bahwa Kemendikbudristek telah melaksanakan validasi NIK-NPWP kepada pegawai. Acara dilanjutkan dengan penjelasan seputar penggunaan aplikasi SISMINRA oleh tim pengembang dan diikuti praktik langsung oleh peserta serta tanya jawab.
Sumber berita https://biroumumpbj.kemdikbud.go.id/