Persiapan Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kantor Kemendikbudristek Jakarta

By administrator 16 Agu 2023, 18:42:51 WIBBreaking News

Persiapan Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kantor Kemendikbudristek Jakarta


Jakarta, 16 Agustus 2023 --- Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 mengambil tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 26067/A.07/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023 dijelaskan bahwa Upacara Bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di tingkat pusat, dilaksanakan secara luring pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 07.30 di halaman kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta Pusat dengan ketentuan:

  1. Pembina Upacara adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan mengenakan pakaian adat tradisional.
  2. Tamu undangan hadir secara luring terdiri dari pejabat eselon 1, 2, 3, dan 4 di lingkungan Kemendikbudristek tingkat pusat dengan mengenakan pakaian adat tradisional.
  3. Peserta upcara hadir secara luring dari 21 (dua puluh satu) orang perwakilan pegawai dari tiap unit utama dengan mengenakan pakaian adat tradisional.

Sedangkan susunan upacara terdiri atas:

  1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
  2. Pembina upacara tiba di tempat upacara;
  3. Penghormatan kepada pembina upacara;
  4. Laporan pemimpin upacara;
  5. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
  6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
  7. Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
  8. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  9. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada);
  10. Amanat pembina upacara;
  11. Pembacaan do’a;
  12. Laporan pemimpin upacara;
  13. Penghormatan kepada pembina upacara;
  14. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;
  15. Upacara selesai, barisan dibubarkan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannnya upacara bendera tersebut, maka berbagai persiapan telah dilakukan di halaman depan kantor Kemendikbudristek di Senayan, Jakarta Pusat. Dengan berhiaskan bendera Merah Putih yanag semarak telah berdiri podium Pembina Upacara, kursi untuk para undangan juga telah berjajar rapi. Para personel yang akan bertugas pada upacara bendera juga telah melakukan latihan dan gladi resik agar pelaksanaan upacara bendera besok dapat berjalan dengan lancar dan sukses.Selamat memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dirgahayu Negeriku! Merdeka !(Nurjolis/Andik P)