Mendekatkan Penyedia dengan SPSE V.4

By administrator 25 Mar 2017, 08:14:03 WIBPengumuman

Mendekatkan Penyedia dengan SPSE V.4


Saat ini LKPP telah menghadirkan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4 menggantikan versi sebelumnya 3.6. Beberapa perubahan menjadi keunggulan versi 4 tersebut yang ditujukkan untuk memperbaiki beberapa kekurangan di versi sebelumnya.

Meski telah disosialisasikan sebelumnya, masih banyak penyedia yang kurang familier dengan SPSE versi terbaru ini. Untuk mengantisipasi kebingungan para penyedia, Subbagian Pengadaan Barang/Jasa Biro Umum mengadakan Bimbingan Teknis SPSE V.4 pada 13-16 Maret 2017 lalu. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut ini dibagi menjadi 4 gelombang.

Jumlah total penyedia yang datang sebagai peserta mencapai 80 orang, dengan jumlah 20 orang per gelombang. Kegiatan yang bertempat di ruang bidding LPSE gedung C lantai 14 Kementerian Pendidikan dan kebudayaan ini berlangsung selama kurang-lebih 8 jam. Dalam bimbingan teknis ini, peserta tak hanya dipandu untuk langsung mempraktikkan penggunaan SPSE versi 4 tapi juga bertanya-jawab langsung dengan instruktur mengenai kendala yang ditemukan.

Kendala yang ditanyakan selama bimbingan berkisar pada topik lelang cepat, cara untuk ikut serta dalam lelang cepat, dan cara akses Sikap. Dengan metode praktik langsung, diharapkan peserta dapat memahami solusi dari permasalahan yang mungkin kelak ditemukan. Setelah para penyedia cukup familier dengan penggunaan SPSE versi 4, diharapkan mereka akan rutin memperbarui kelengkapan data mereka dan turut berperan aktif di lelang elektronik.

Penulis : Nathania Hapsari (Subbagian PBJ Biro Umum)