Lantik Pejabat, Mendikbudristek: Junjung Tinggi Profesionalitas dan Kuatkan Kolaborasi

By administrator 26 Sep 2023, 09:01:46 WIBInformasi Publik

Lantik Pejabat, Mendikbudristek: Junjung Tinggi Profesionalitas dan Kuatkan Kolaborasi


Jakarta, 25 September 2023 – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, hari ini, Senin (25/9) melantik sebanyak tujuh orang pemimpin perguruan tinggi dan satu orang Widyaprada Ahli Utama. Kepada para pejabat yang dilantik, Mendikbudristek berpesan untuk menjunjung tinggi profesionalitas dan menguatkan semangat kolaborasi.

“Masa depan anak-anak Indonesia bergantung pada komitmen kita untuk mentransformasi dan memajukan sistem pendidikan. Oleh karena itu, mari terus kuatkan kolaborasi kita untuk bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” tutur Mendikbudristek saat pelantikan di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta.

Hingga saat ini, Merdeka Belajar telah melahirkan 26 terobosan yang memberikan dampak luar biasa untuk dunia pendidikan, mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai pendidikan tinggi. Dikatakan Mendikbudristek, PAUD telah berbenah dengan berfokus pada penekanan dan pengembangan kemampuan konvensional secara holistik yang tidak terbatas pada baca tulis hitung.

Sedangkan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, implementasi Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan di lebih dari 300.000 satuan pendidikan. “Perubahan itu telah mengubah proses belajar mengajar jauh lebih memerdekakan dan menyenangkan sehingga harus diikuti dengan penjaminan mutu guna memastikan keberlanjutan dari perubahan yang kita upayakan bersama,” ujar Mendikbudristek.

Selanjutnya, untuk jenjang pendidikan tinggi, Mendikbudristek menyampaikan telah meluncurkan 10 terobosan Merdeka Belajar dari total 26 episode yang berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran dan tata kelola perguruan tinggi. “Untuk itu, saya berharap para pemimpin perguruan tinggi yang dilantik hari ini dapat segera melakukan konsolidasi dan merumuskan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di unit kerjanya masing-masing,” imbuhnya.

Tujuh pimpinan perguruan tinggi yang dilantik untuk periode tahun 2023-2027 adalah Komarudin sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Taufiq sebagai Rektor Universitas Sriwijaya, Eduart Wolok sebagai Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Oscar Oswald O. Wambrauw sebagai Rektor Universitas Cenderawasih, Irwandi sebagai Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Idham Kamil sebagai Direktur Politeknik Negeri Medan, dan Rachmad Tri Soelistijono sebagai Direktur Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Selain itu, satu orang Widyaprada Ahli Utama yang juga dilantik adalah Wartanto. Kepadanya, Mendikbudristek berharap agar Wartanto dapat menjalankan tugas dengan optimal dan memberikan kontribusi semaksimal mungkin untuk memastikan pemenuhan standar oleh satuan pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan.

Menanggapi pesan Mendikbudristek dalam pelantikan, Rektor UNJ, Komarudin, berkomitmen akan menjalankan tugas dengan profesionalisme dan kolaborasi sebagai bagian penting dalam kepemimpinannya. Ia juga menyampaikan akan mendukung dan mengimplementasikan semua program dan kebijakan Kemendikbudristek.

Senada dengan itu, Oscar Oswald O. Wambrauw, Rektor Universitas Cenderawasih, turut mendukung Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemendikbudristek. “Kami akan meningkatkan implementasi MBKM yang telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Mendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 terkait dengan peningkatan penjaminan mutu perguruan tinggi,” ucap Oscar.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbudristek juga meyampaikan apresiasi kepada tiga orang pemimpin perguruan tinggi yang telah selesai mengemban tugas periode tahun 2019-2023. Mereka adalah Anis, Rektor Universitas Sriwijaya; Abdul Rahman, Direktur Politeknik Negeri Medan; dan Eko Julianto, Direktur Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Kepadanya, Mendikburistek mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa selama memangku jabatan. “Tetap semangat untuk melanjutkan pengabdian di unit kerja masing-masing,” pesan Mendikbudristek. (Prima, Editor: Seno)

 

Sumber berita https://www.kemdikbud.go.id, Publisher (Nurjolis/Andik)