Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa Di Satuan Pendidikan Melalui SIPLah Untuk Satuan Pendidikan dan UMKM di Solo, Jawa Tengah

By administrator 07 Des 2020, 11:09:10 WIBPengumuman

Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa Di Satuan Pendidikan Melalui SIPLah Untuk Satuan Pendidikan dan UMKM di Solo, Jawa Tengah


Solo, Kemendikbud. Dalam rangka untuk melakukan fasilitasi dan edukasi SIPLah kepada satuan Pendidikan dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo dan sekitarnya, Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa Di Satuan Pendidikan. Acara ini menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kota Surakarta, serta Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta.
 
Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa Kemendikbud, Moch. Wiwin Darwina ketika membuka acara menyampaikan, dengan adanya SIPLah, Satuan Pendidikan memiliki layanan elektronik untuk mempermudah proes logistiknya, namun agar ekosisitem ini dapat berkelanjutan diperlukan partisipasi aktif dari para penyedia baik UMKM di masing-masing wilayah, maupun pelaku usaha lainnya. “Maka dengan penyelenggaraan Bimbingan Teknis Peningkatan Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa Di Satuan Pendidikan di Kota Surakarta pada hari ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi UMKM/Penyedia yang telah menjadi langganan sekolah untuk bergabung menjadi penyedia dalam SIPLah” pungkasnya. Sementara Kustri Winda Kepala Sub Bidang Non Kerajinan dari KemenkopUKM berpesan agar para UMKM yang belum menjadi penyedia di SIPlah untuk segera mendaftar. “Manfaatkan peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan sekolah, seperti kebutuhan mebeler” jelasnya.
Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Sunan Surakarta pada 26 s/d 28 Nopember 2020 ini diikuti oleh puluhan UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dan ratusan perwakilan satuan pendidikan dari berbagai jenjang, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP, SMA serta SMK. Wahyono Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Surakarta berpesan agar para peserta dari sekolah benar-benar memperhatikan dan mengikuti semua materi. “Sampaikan dan tularkan semua informasi dan hal-hal yang diterima disini kepada sekolah lain di sekitarnya” tuturnya.
 
Sementara Hari Wuljanto Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa tengah menyampaikan bahwa pemenuhan sarpras di satuan pendidikan dilakukan agar proses pembelajaran berjalan baik, dan kewenangan untuk melakukan pembelanjaan dilimpahkan ke sekolah maka pelajari dengan baik agar jangan sampai mendatangkan masalah di sekolah. “Pahami regulasi dan mekanisme PBJ di satuan pendidikan, jika ada keraguan maka konsultasikan dengan yang berwenang dan bukan di intepretasikan sendiri-sendiri” pesannya. Pada acara ini dilakukan asistensi dan edukasi kepada para UMKM dan satuan pendidikan yang hadir oleh tim dari mitra pasar daring platform SIPLah, yakni Blibli, Belanja, Inti, Pesona Edu, Eurika Bookhouse, dan Toko Ladang.