Sinergi Kemendikdasmen dan Pemerintah Daerah Jadi Kunci Dorong Ekosistem Teknologi Pendidikan

By Nurjolis 01 Nov 2024, 10:22:16 WIB Pendidikan Dasar dan Menengah
Sinergi Kemendikdasmen dan Pemerintah Daerah Jadi Kunci Dorong Ekosistem Teknologi Pendidikan

Keterangan Gambar : Sinergi Kemendikdasmen dan Pemerintah Daerah Jadi Kunci Dorong Ekosistem Teknologi Pendidikan


Balikpapan, 31 Oktober 2024 – Menyamakan persepsi antara pemerintah pusat dengan daerah dalam hal akselerasi platform digital pembelajaran jadi kunci mendorong terbentuknya ekosistem teknologi pendidikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Yudhistira Nugraha, dalam pembukaan Rapat koordinasi (Rakor) Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) dengan Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkom) Dinas Pendidikan Provinsi di Balikpapan, Rabu (30/10).

“Lewat Rakor yang mengusung tema “Nusantara Baru, Pendidikan Maju”, diselenggarakan oleh BLPT sebagai unit teknis di bawah naungan Pusdatin, kami hendak membangun pondasi mendorong inovasi pembelajaran dan meningkatkan pemanfaatan platform teknologi pendidikan secara berkelanjutan,” urai Yudhistira.

Yudhistira turut menyampaikan apresiasi untuk pemerintah daerah, khususnya Balai Tekkom atas kerja sama yang telah dikembangkan. “Berbagai program yang telah dikembangkan di antaranya, Pendamping Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PemanTIK), Berkolaborasi dan Berbagi (Berkobar),serta Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) tidak akan sukses tanpa adanya dukungan dari semua pemangku kepentingan,” sambung Yudhistira.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengatakan di Provinsi Kalimantan Timur lewat fasilitasi oleh Balai Tekkom Dinas Pendidikan Provinsi telah memiliki berbagai infrastruktur pendukung media pembelajaran.

“Kiranya lewat pelaksanaan Rakor ini, perwakilan dari Kaltim dan provinsi lainnya mendapatkan hal yang baru, untuk memperkaya pengenalan digital di sekolah serta penguatan kompetensi guru yang akan berinteraksi langsung dengan siswa,” ucap Sri Wahyuni.

Selanjutnya, dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala BLPT, Kemendikdasmen, Wibowo Mukti mengatakan bahwa Rakor diikuti oleh perwakilan Balai Tekkom yang berasal dari 28 Dinas Pendidikan Provinsi di Indonesia.

“Transformasi digital pendidikan di Indonesia menjadi sebuah keniscayaan. Oleh sebab itu, mendorong ekosistem dalam hal infrastruktur, media ataupun platform yang digunakan akan jadi elemen penting menciptakan transformasi digital hal ini tentu selaras dengan visi misi presiden yang tertuang dalam program kerja Asta Cita 4: Memperkuat pembangunan sumber daya manusia, sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas,” ucap Wibowo.

Pada kesempatan terpisah, salah satu perwakilan peserta dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua Pegunungan, Melkius Itlay turut menceritakan kisah transformasi digital Pendidikan di wilayahnya. “Provinsi kami baru genap berusia satu tahun terbentuk. Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan, di antaranya penyiapan infrastruktur bidang teknologi. Lewat Rakor ini, kami berharap mendapatkan pemahaman yang tepat dalam penyediaan, penggunaan serta pendampingan atas platform pendidikan untuk sekolah di provinsi Papua Pegunungan,” pungkas Melkius.

Tampak hadir di dalam acara pembukaan Rakor yaitu Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kaltim, Wiwik Setiawati, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kaltim, Sokib Zunaidi, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tekkom dan Infodik Provinsi Kaltim, Muchamad Awaludin.

Di acara pembukaan Rakor, para tamu dan undangan dihibur oleh Tarian Pedalaman yang disajikan secara apik oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Kaltim. Selama pelaksanaan Rakor yang berlangsung dari tanggal 30 Oktober s.d 2 November 2024, para peserta akan mendapatkan beragam penyajian materi diantaranya dari Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Komunikasi Digital mengenai teknologi digital pembelajaran dan materi penguatan terkait Pengembangan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan berbasis TIK, serta pendalaman Rapor Pendidikan Daerah.