Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman

By administrator 13 Mar 2017, 11:35:43 WIBsetjen kemendikbud
Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman

Jakarta – Program Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman adalah salah satu program Pusat  Pengembangan  Perfilman  Tahun  Anggaran  2017  dalam bentuk  pemberian bantuan kepada sineas dan komunitas masyarakat film yang sedang menyelenggarakan atau mengikuti berbagai kegiatan perfilman. Khususnya kelompok masyarakat  (komunitas  film/organisasi/perfilman/yayasan/lembaga) yang sedang menyelenggarakan kegiatan perfilman atau sineas (perseorangan) yang filmnya masuk seleksi pada festival film internasional atau terpilih mewakili Indonesia pada workshop atau forum perfilman internasional.

Bantuan ini diberikan sebagai wujud dukungan pemerintah yang bersifat stimulus terhadap aktivitas atau proses kreatif para pelaku perfilman baik itu perseorangan maupun kelompok dalam upaya memajukan perfilman Indonesia.

Adapun jenis kegiatan perfilman yang berhak mendapat bantuan perfilman yaitu:

  1. Produksi Film : Bantuan kegiatan ini diperuntukan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian proses pembuatan film yang mengandung semangat revolusi mental mulai dari pra produksi, produksi sampai dengan pasca produksi.
  2. Apresiasi, Eksibisi dan Peredaran Film : Bantuan kegiatan ini diperuntukan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian kegiatan apresiasi (festival film), eksebisi (pemutaran film), dan peredaran film (pemutaran film keliling/movie roadshow
  3. Peningkatan Kualitas dan Keterampilan Sumber Daya Manusia Perfilman : Bantuan kegiatan ini diperuntukan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian kegiatan Peningkatan Kualitas dan Keterampilan Sumber Daya Manusia Perfilman melalui  workshop,  diskusi,  seminar,  dan  riset.
  4. Pendukungan Perjalanan Insan Film dalam Forum Internasional : Bantuan kegiatan ini diperuntukan bagi sebagian atau keseluruhan rangkaian keikutsertaan insan film dalam forum internasional.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti program ini, maka dapat mengajukan proposal sesuai dengan jadwal berikut ini:

  1. Pada gelombang I proposal paling lambat diterima paling lambat pada tanggal 20 Maret 2017 untuk kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 April hingga 19 Juni 2017.
  2. Pada gelombang II proposal paling lambat diterima paling lambat pada tanggal 15 Mei 2017 untuk kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli hingga 30 September 2017.
  3. Pada gelombang III proposal paling lambat diterima paling lambat pada tanggal 30 Agustus 2017 untuk kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober hingga 30 November 2017.

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan, formulir, dan lain-lain,  dapat mengunjungi laman berikut: http://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/site/page/announcement/komunitas-masyarakat-film-penerima-bantuan-perfilman-2017