Press Release Hackathon Indonesia Android Kejar Ajak Developer Lokal Kembangkan Aplikasi Solusi Pendidikan Indonesia

By Nurjolis 25 Mei 2016, 16:45:51 WIBSekitar Kita
Press Release Hackathon Indonesia Android Kejar Ajak Developer Lokal Kembangkan Aplikasi Solusi Pendidikan Indonesia

Jakarta, 25 Mei 2016 - Hackathon Indonesia Android Kejar merupakan sebuah kegiatan yang didedikasikan khususnya untuk para pengembang aplikasi Indonesia dengan dukungan dari Google Indonesia dan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan serta didukung pula oleh Bukalapak. Tema yang diangkat pada Hackathon ini adalah pendidikan, dimana para developer ditantang untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi digital untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Indonesia melalui teknologi yang melibatkan sekolah, guru, murid dan juga orang tua.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Google untuk memberdayakan para developer lokal serta bagian dari bulan pendidikan oleh Kementerian Pendidikan yang telah berlangsung sejak tanggal 2 Mei.Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia mengatakan, Indonesia Android Kejar Hackathon merupakan bagian dari komitmen Google untuk melatih 100.000 pengembang aplikasi di Indonesia hingga tahun 2020 mendatang. Kami secara khusus mengangkat tema pendidikan pada Hackathon ini untuk ikut serta merayakan Hari Pendidikan Nasional di Indonesia dan Bulan Pendidikan yang jatuh pada tanggal 2 Mei ini. Melalui acara ini, kami berharap para peserta dapat membuat aplikasi di bidang pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat serta dapat membantu memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan para peserta untuk mengembangkan aplikasi yang berkualitas, kami juga menghubungkan mereka yang tertarik bekerja di sektor ini dengan perusahaan startup lokal melalui acara Career Aspiration Day pada tanggal 26 Mei 2016.

Hackathon Indonesia Android Kejar berlangsung selama dua hari ke depan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta diikuti oleh 100 partisipan yang terbagi menjadi 31 kelompok dengan 2 hingga 4 orang anggota. Para partisipan Hackathon ini sebelumnya telah mengikuti workshops Indonesia Android Kejar sebuah program kelompok belajar yang lebih intensif dan dipimpin oleh fasilitator yang juga menyediakan bimbingan bagi pengembang pada semua tingkatan. Kelompok ini didirikan di lima kota diantaranyaBandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta untuk menjangkau masyarakat seluas mungkin. Pada tahun ini sudah terdapat lebih dari 2,500 partisipan.

Selama kegiatan Hackathon berlangsung, partisipan akan mendapatkan pengajaran dan bimbingan serta dapat melakukan konsultasi dengan para ahli di industri digital dan informasi teknologi khususnya aplikasi. Kemudian pada hari kedua setiap kelompok akan mempresentasikan hasil produknya kepada dewan juri.(Tim IT Biro Umum)