Pemberian Penghargaan Anugerah Literasi Prioritas

By administrator 20 Mar 2017, 23:31:41 WIBsetjen kemendikbud
Pemberian Penghargaan Anugerah Literasi Prioritas

Jakarta, 20 Maret 2017 –Bertempat di Gedung A Lantai 3, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada pukul 09.00 WIB, telah diadakan “Anugerah Literasi Sekolah 2017”. Acara dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Bapak Hamid Muhammad, Ph. D mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Program USAID Prioritas  Bapak Stuart Weston, serta Direktur Pendidikan USAID Prioritas Bapak Peter Cronin. Dalam acara ini  diundang 19 Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Pendidikan dari masing -  masing daerah Mitra USAID PRIORITAS serta para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Acara hari ini merupakan salah satu acara dari rangkaian acara “Anugerah Literasi Prioritas” dimana pada hari sebelumnya yaitu pada tanggal 19 Maret 2017 telah diadakan kegiatan konser musik acara “80-an” di stasiun TVRI dimana19  Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Pendidikan menjadi tamu VIP.

Dan selanjutnya pada hari ini, sebanyak 19 Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Pendidikan dari masing -  masing daerah Mitra USAID PRIORITAS tersebut mendapatkan penghargaan untuk yang telah mencapai nilai yang baik dalam hal Gerakan Literasi Sekolah. Dalam acara ini juga, perwakilan dari SDN 1 Allakuang, Kab. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan yaitu Aisyah yang merupakan siswa kelas IV yang telah membaca 117 buku dalam 5 bulan memberikan testimoni terhadap program Gerakan Literasi Sekolah yang ada disekolahnya dan ia juga membacakan cerita di depan para hadirin. Kemudian ada juga Siswa SMPN 04 Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang memberikan testimoni terhadap program Gerakan Literasi Sekolah yang ada disekolahnya dengan program yang diberi nama Morning Reading Mania atau disingkat “Morena”.

Anugerah Literasi Prioritas merupakan bentuk apresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada 19 Kabupaten/Kota mitra USAID Prioritas yang telah mendukung program literasi di masing-masing daerah dengan baik. Dukungan literasi itu antara lain pengalokasian dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan penerbitan Peraturan Bupati/Walikota serta Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan. Selain dukungan dana dan penerbitan regulasi, rata-rata kabupaten/kota itu telah menyelenggarakan program literasi yang kreatif dan inovatif, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, maupun kantor Pemda sendiri.