Workshop Persiapan Southeast Asian Massive Open Online Course (SEA MOOC)

By administrator 18 Mei 2017, 12:46:09 WIBsetjen kemendikbud
Workshop Persiapan Southeast Asian Massive Open Online Course (SEA MOOC)

Dalam rangka perintisan Southeast Asian Massive Open Online Course (SEA MOOC), SEAMEO Secretariat (SEAMES) Bangkok, Thailand bekerjasa dengan SEAMOLEC menyelenggarakan workshop 1 hari yang membahas kurikulum beberapa perguruan tinggi. Pertemuan diadakan pada tanggal 15 Mei 2017 di Gedung D Kemristekdikti Lantai 3 dengan menghadirkan 4 perguruan tinggi; STMIK Bina Insani Bekasi, STIKI Malang, Poltekkom Malang, dan Poltek TEDC Bandung.

Acara dibuka dengan arahan dari Dr. Gatot Hari Priowirjanto yang menyampaikan bahwa inisiatif membuat SEA MOOC ini diharapkan dapat menjadi terobosan di bidang pendidikan Asia Tenggara. SEAMEO memiliki 7 agenda prioritas di bidang pendidikan, salah satunya adalah Mempromosikan Harmonisasi di bidang Pendidikan Tinggi dan Riset. SEA MOOC juga diharapkan menjadi salah satu program yang dapat mewujudkan prioritas pendidikan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sesi dimana keempat perguruan tinggi tersebut diminta mempresentasikan kurikulum masing-masing yang nantinya akan ditawarkan di SEA MOOC. Selain perwakilan dari keempat perguruan tinggi tersebut, juga hadir para pakar PJJ dari Dikti seperti Prof. Paulina Pannen (Staf Ahli Kemristekdikti), Bapak Uwes Chairuman (Kasi Pendidikan Jarak Jauh, Ditjen Belmawa Dikti), Dr. Hari Wibawanto (Dosen Universitas Negeri Semarang), Dr. Gatot Hari Priowirjanto (Direktur SEAMES), dan Dr. Abi Sujak (Direktur SEAMOLEC). Setiap kurikulum yang dipresentasikan mendapatkan masukan dari para pakar PJJ tersebut.

Di akhir acara SEAMOLEC menerima tugas untuk memberikan pelatihan bagi 4 perguruan tinggi tersebut dalam pembuatan program mapping, media (audio video dan animasi), serta penilaian atau asesmen.

Penulis : Aline

Sumber : http://seameo.kemdikbud.go.id/index.php?a=artikel&judul=V29ya3Nob3AgUGVyc2lhcGFuIFNvdXRoZWFzdCBBc2lhbiBNYXNzaXZlIE9wZW4gT25saW5lIENvdXJzZSAoU0VBIE1PT0Mp