Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017

By administrator 01 Nov 2017, 11:06:30 WIBsetjen kemendikbud
Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017

Jakarta, Senin 30 Oktober 2017 - bertempat di halaman kantor pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, telah dilaksanakan upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-89. Upacara ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan kepada 71 pemuda dari seluruh tanah air yang 89 tahun lalu telah mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia.

Pengibar bendera pada upacara yang di mulai Pukul 07.00 WIB ini adalah dari Paskibraka DKI Jakarta, sedangkan paduan suara dari Kemendibud turut serta dalam mengiringi lagu-lagu nasional yang dibawakan. Upacara ini dihadiri oleh pegawai dari Sekretariat Jenderal Kemendikbud, Direktorat Jenderal GTK, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Balitbang, dan Satuan Pengamanan Kemendikbud.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Bapak Dadang Sunendar. Dalam amanat yang dibacakan pada upacara ini, beliau menyampaikan agar kita mencontoh 71 pemuda 89 tahun yang lalu, mereka memiliki latar belakang agama, suku, Bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda, namun fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia, inilah yang kita sebut dengan “Berani Bersatu”.

Beliau juga memberi amanat, kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, kita juga harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Sumber : http://biroumum.kemdikbud.go.id/web/berita-upacara-bendera-peringatan-hari-sumpah-pemuda-ke89-tahun-2017.html