SEAMOLEC dan BIOTROP Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemprov Kalimantan Timur

By administrator 31 Okt 2017, 14:23:42 WIBsetjen kemendikbud
SEAMOLEC dan BIOTROP Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemprov Kalimantan Timur

Dua centre SEAMEO di Indonesia, SEAMEO BIOTROP dan SEAMEO SEAMOLEC melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Provinsi Kalimantan Timur pada 24 Oktober 2017. Penandatanganan MoU di bidang peningkatan mutu pendidikan ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak, berbarengan dengan peresmian gedung Education Centre dan Pusat Sains Daerah di Samarinda, Kalimantan Timur. Direktur SEAMOLEC Dr. Abi Sujak, M.Sc. hadir didampingi Manajer Divisi Kemitraan dan Kerja Sama SEAMOLEC, sementara Direktur BIOTROP Dr. Irdika Mansyur didampingi oleh PPK BIOTROP, serta perwakilan Setjen Kemendikbud RI.

Dalam sambutannya  Gubernur Kaltim Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak menyambut baik kesediaan BIOTROP dan SEAMOLEC untuk menjalin kerja sama dalam peningkatan mutu pendidikan. Sebagai tokoh yang sangat dekat dengan dunia Pendidikan, Gubernur Awang yang juga mantan Pembantu Rektor di Universitas Mulawarman, menaruh perhatian besar dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kaltim.

Sejalan dengan itu, Dr. Abi usai menyampaikan sekilas profil BIOTROP dan SEAMOLEC, menyampaikan komitmennya untuk membantu dan mendukung program peningkatan mutu pendidikan di Kalimantan Timur, bersama seluruh SEAMEO Centre yang ada di Indonesia.

MoU ini adalah tindak lanjut pertemuan antara Direktur SEAMEO Secretariat, perwakilan SEAMOLEC, serta Gubernur Kaltim dan jajarannya pada bulan Agustus 2017. Lingkup kerja sama yang disetujui SEAMOLEC dan Pemprov Kaltim antara lain kajian peningkatan kompetensi SDM di bidang TIK, pelatihan dan penerapan Open and Distance Learning, serta pengembangan laboratorium pelatihan Bahasa Inggris dan Mandarin. Sementara bersama BIOTROP, Kaltim akan melakukan pengembangan dan transfer teknologi reklamasi lahan bebas tambang, penelitian, pelatihan, serta penyebaran informasi.

Lebih jauh, Gubernur Awang yang hadir didampingi jajaran Pemprov Kaltim, Bupati dan Walikota serta institusi pendidikan terkait juga memberi pengarahan untuk membagikan sumber buku elektronik serta pemanfaatan Education Centre dan Pusat Science Daerah.

Sumber : http://seameo.kemdikbud.go.id/berita/31-seamolec-dan-biotrop-tandatangani-nota-kesepahaman-dengan-pemprov-kalimantan-timur.html