Renovasi Selesai, Perpustakaan Kemendibud Diresmikan

By administrator 08 Jun 2017, 13:54:51 WIBsetjen kemendikbud
Renovasi Selesai, Perpustakaan Kemendibud Diresmikan

Selama beberapa bulan terakhir, ruangan Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan direnovasi. Proses perbaikan ruangan dan fasilitas-fasilitas perpustakaan tersebut telah diselesaikan, maka  pada tanggal 7 Juni 2017, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP didampingi oleh para pejabat Eselon I telah meresmikan dibukanya kembali Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau dikenal Perpusakaan Dikbud berlokasi di Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Kemendikbud di Senayan Jakarta.

Dalam kesempatan ini  Mendikbud berpesan agar perpustakaan Kemendikbud ini dilengkapi oleh koleksi – koleksi buku yang lengkap dan baru, sehingga para pengunjung dapat memanfaatkan perpustakaan ini jika ingin mencari referensi untuk bahan penelitian yang pengunjung sedang kerjakan. Perpustakaan Dikbud merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kemendikbud yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan Nasional pada 29 November 2004. Perpustakaan ini dikelola secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang layanan kepada pemustaka. Buka pada hari Senin - Jum’at pada pukul 09.00 – 17.00 WIB dan pada hari Sabtu pada pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Usai peresmian Mendikbud juga berkeliling melihat berbagai sarana dan prasarana di Perpustakaan Kemendikbud ini. Perpustakaan  menyediakan berbagai fasilitas,  seperti ruang baca dengan kapasitas 104 orang, ruang diskusi dengan kapasitas 16 orang, ruang audiovisual dengan kapasitas 8 orang, ruang kelas dengan kapasitas 100 orang, ruang serbaguna dengan kapasitas 70 orang, ruang anak dengan kapasitas 25 orang, ruang teater mini dengan kapasitas 27 orang, computer internet dengan kapasitas 8 unit komputer serta ruang laktasi dengan kapasitas 3 orang. Termasuk layanan secara on line yang dapat diakses pada laman : http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/laman/.

Perpustakaan Kemendikbud hingga pada saat ini memiliki koleksi 23.407 koleksi buku, 6.981 koleksi audiovisual seperti VCD, DVD, kaset dan VHS, 31 judul koleksi terbitan berkala seperti koran, majalah dan jurnal serta 3.417 koleksi digital.  Menurut data pada tahun 2016, perpustakaan telah memiliki 1.776 orang anggota, 28 komunitas dan telah dikunjungi sebanyak 18.404 orang.