Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah SMPN 1 Unggul Calang, Aceh jaya 5 – 9 Juni 2017

By administrator 19 Jun 2017, 12:05:58 WIBsetjen kemendikbud
Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah SMPN 1 Unggul Calang, Aceh jaya 5 – 9 Juni 2017

Aceh - Bertempat di SMPN 1 Unggul, Calang Kabupaten Aceh Jaya, SEAMEO QITEP in Science, SEAMEO QITEP in Language, dan SEAMEO QITEP in Mathematics bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah pada tanggal 5 sampai dengan 9 Juni 2017. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Drs. Edward, S.Pd. dan diikuti oleh perwakilan dari ketiga Centre dan seluruh peserta pelatihan.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, dan kepala perpustakaan dari SD dan SMP di kabupaten Aceh Jaya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam pelaksanaan pengelolaan sekolah berdasarkan peluang dan tantangan yang dimiliki oleh sekolah masing-masing. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini para peserta akan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam menyusun atau merevisi Rencana Kerja Sekolah berdasarkan evaluasi diri yang dilakukan.

Saat kegiatan berlangsung seluruh peserta menyimak, berdiskusi, dan bekerja secara kelompok, dan presentasi hasil kerja dalam kajian Manajemen Berbasis Sekolah, Analisis Konteks, Peningkatan Mutu Sekolah, kepemimpinan Pembelajaran, Rencana Kerja Sekolah, Supervisi Akademik, Pendidikan Karakter dan Literasi, dan merumuskan Rencana Tindak Lanjut setelah mereka mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Hal positif lainnya yang didapat adalah seluruh peserta diklat mengenal SEAMEO Centre di Indonesia.  Banyak di antara mereka sangat berminat untuk mengikuti kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh SEAMEO Centre di Indonesia guna memperkuat pengetahuan dan keterampilan mereka dalam melaksanakan kewajibannya sebagai tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).  Selain itu, mereka sangat antusias membuka jejaring kerja dengan berbagai pihak di Indonesia dan Asia Tenggara.

Semoga kegiatan-kegiatan serupa lainnya yang dilaksanakan oleh SEAMEO Centre di Indonesia dapat memperkuat upaya bangsa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya dan di Asia Tenggara umumnya.

Sumber : http://seameo.kemdikbud.go.id/berita/9.html