Open House Gerakan Literasi Nasional di Komplek Kemendikbud Senayan Jakarta

By administrator 31 Okt 2017, 10:45:50 WIBsetjen kemendikbud
Open House Gerakan Literasi Nasional di Komplek Kemendikbud Senayan Jakarta

Jakarta, 29 Oktober 2017 – Bertempat di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI, Senayan Jakarta telah diadakan acara Open House Gerakan Literasi Nasional. Acara yang berlangsung pada pukul 08.00 WIB dihadiri beberapa penggiat literasi nasional, juga tampak  para pengunjung yang antusias dengan membawa serta keluarga mereka.

Acara Open House Gerakan Literasi Nasional ini merupakan acara penutup dari seluruh rangkaian acara “Festival Literasi Sekolah 2017” yang berlangsung sejak tanggal 27 hingga 29 Oktober 2017 di Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada acara ini dilangsungkan berbagai macam kegiatan diantaranya yaitu lomba membuat origami, senam Maumere dan permainan Literal, pentas seni, permainan membaca nyaring yang dibawakan oleh ibu Roosie Setiawan dari Komunitas Reading Bugs, games membaca puisi serta belajar kilat menari tarian “Pasambahan”.

Festival Literasi Sekolah merupakan ajang perayaan literasi dan dalamn rangka menyosialisasikan lebih masif lagi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Acara ini berlangsung di empat area berbeda, yaitu Panggung Utama, Pojok Literasi, Ruang Serbaguna Perpustakaan, dan Ruang Teater Perpustakaan Kemendikbud.

Partisipan yang terlibat dalam acara ini adalah Sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan PKLK berbagi praktik baik literasi melalui poster dan stan literasi. Pengunjung dapat bertanya mengenai program literasi yang dijalankan di sekolah. Ada pula sekitar 30 mitra yang terlibat menyemarakkan acara ini antara lain komunitas literasi, penerbit, dan lembaga internasional dalam bentuk stan literasi, diskusi, dan pelatihan. Pada kesempatan ini juga diluncurkan tujuh buku literasi yang ditulis oleh anggota Satuan Tugas Gerakan Literasi Sekolah.