Kontes Burung Hias : Road To The Trophy of SEAMEO BIOTROP Golden Anniversary

By administrator 31 Okt 2017, 14:17:19 WIBsetjen kemendikbud
Kontes Burung Hias : Road To The Trophy of SEAMEO BIOTROP Golden Anniversary

Bogor, Indonesia, 29 Oktober 2017 – Direktur SEAMEO BIOTROP, Dr Irdika Mansur, membuka secara resmi Kontes Burung Hias: Road to the Trophy of SEAMEO BIOTROP Golden Anniversary dengan tema “Promoting Sustainable Utilization of Songbird (Pemanfaatan Burung Hias Berkelanjutan)” pada tanggal 29 Oktober 2017. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengawali perayaan rangkaian acara HUT SEAMEO BIOTROP yang ke-50 pada tanggal 6 Februari 2018.

Gelaran ini merupakan bentuk kerjasama SEAMEO BIOTROP dengan Fakultas Kehutanan dan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Paguyuban Penggemar Burung Kenari (PAPBURI) – Klaten Chapter JaBoDeTaBek sebagai upaya mendukung partisipasi aktif berbagai pihak dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati khususnya burung hias. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 500 orang penangkar, pemerhati konservasi burung dan masyarakat sekitar ini meliputi (1) Kampanye konservasi keanekaragaman hayati khususnya burung hias; dan (2) Lomba burung berkicau khusus ring.

Dr Irdika Mansur dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya konservasi burung yang telah berhasil dilakukan berbagai pihak melalui penangkaran, dengan tujuan pelepasliaran dan peningkatan populasi burung di alam serta untuk tujuan pengembangan hobby dan komersial sebagai burung peliharaan dan burung hias untuk lomba.

Kegiatan penangkaran burung di Indonesia telah berkembang dengan baik karena selain sebagai hobby juga dapat menjadi sumber mata pencaharian yang dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi keluarga dan masyarakat. Namun demikian, dalam praktiknya, kegiatan penangkaran dan pemanfaatan burung Indonesia masih mengalami permasalahan menyangkut perijinan, perdagangan dan sebagainya.

Dr Irdika mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan wawasan berbagai pihak tentang konservasi burung sehingga dapat mendukung pengembangan kegiatan konservasi dan pemanfaatan burung yang berkelanjutan seta mencari solusi untuk mengatasi permasalahannya.

Dalam kegiatan ini, panitia acara menggunakan sistem perlombaan burung hias yang baru, yaitu peserta lomba wajib mendaftarkan burung hasil penangkaran yang memiliki catatan silsilah yang jelas.

SEAMEO BIOTROP bekerjasama dengan berbagai pihak berkeinginan untuk memfasilitasi para penangkar dan penggemar burung agar dapat berperan lebih aktif dalam memperkuat kegiatan konservasi keanekaragaman hayati, khususnya konservasi burung bersama dengan masyarakat. Selain itu, perhelatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan berbagai pihak khususnya SEAMEO BIOTROP, IPB, pemerintah, PAPBURI Klaten, penangkar, pelaku usaha dan masyarakat.

Sumber : http://seameo.kemdikbud.go.id/berita/33-kontes-burung-hias-road-to-the-trophy-of-seameo-biotrop-golden-anniversary-usung-tema-ldquopromot.html